Senin, 06 Agustus 2018

Kaizen pada PT Bank Central Asia (BCA)



VISI DAN MISI BCA
Kenyamanan, keamanan, dan keandalan adalah prioritas utama kami saat memberikan layanan finansial bagi seluruh nasabah BCA. Kami bertekad untuk terus menjadi pemimpin di industri perbankan nasional yang berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.
 VISI
Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
  MISI
  1. Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
  2. Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
  3. Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA.
Apa Itu Kaizen?
Kaizen adalah suatu metode yang berfokus pada tindakan perbaikan menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya dalam menjalankan proses operasional di bidang manufaktur, engineering, development maupun bussiness management.

Kaizen & Manajemen
Dalam kaizen manajemen memiliki dua fungsi utama
          Pemeliharaan
Kegiatan pemeliharaan teknologi, sistem manajemen, dan standar operasional yang ada sekaligus menjaga standar tersebut melalui pelatihan serta disiplin dengan tujuan agar semua karyawan dapat mematuhi prosedur pengoperasian standar (Standard Operating Procedure-SOP) yang telah ditetapkan.[3]
          Perbaikan
Kegiatan yang diarahkan pada meningkatkan standar yang ada
              Kedua fungsi ini disimpulkan sebagai Pemeliharaan dan Perbaikan Standar. Perbaikan ini sendiri dapat terbagi menjadi kaizen dan inovasi. Kaizen bersifat perbaikan kecil yang berlangsung oleh upaya berkesinambungan, sedangkan inovasi merupakan perbaikan drastis sebagai hasil dari investasi sumber daya berjumlah besar dalam teknologi atau peralatan. Kaizen menekankan pada upaya manusia, moral, komunikasi, pelatihan, kerja sama, pemberdayaan dan disiplin diri, yang merupakan pendekatan peningkatan berdasarkan akal sehat, berbiaya rendah.

Peningkatan Kaizen Dalam BCA meliputi;
          SUMBER DAYA MANUSIA
          PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN
          program Community of Practice (COP), Untuk meningkatkan budaya belajar informal
          program BCA Innovation Award (BIA) : ajang bagi para karyawan untuk menuangkan ide-ide kreatif dan mendorong inovasi baik dalam pengembangan layanan maupun solusi perbankan serta untuk menyempurnakan berbagai proses internal
          program coaching dengan atasan langsung
          program pelatihan formal.
          WORK LIFE BALANCE
          EFEKTIVITAS
          PRODUKTIVITAS
  
Sumber Daya Manusia
                BCA memiliki komitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia sebagai aset penting yang diperlukan dalam mendukung implementasi inisiatif strategis secara efektif sekaligus memberikan layanan terbaik bagi nasabah.
                BCA menyediakan program pelatihan dan pengembangan secara berkala, menanamkan budaya kerja berbasis kinerja (performance-based work culture), serta secara aktif memberikan kesempatan pengembangan karir bagi karyawan. Program-program pengembangan tersebut diimbangi dengan upaya BCA dalam membangun work-life balance untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas karyawan.

Pelatihan & Pengembangan
                Pada tahun 2016 BCA tetap fokus dalam menanamkan budaya belajar diantara para pegawai dan menjadi organisasi pembelajar. Bank menyadari pentingnya memiliki para karyawan berkualitas yang dapat beradaptasi dengan cepat terhadap kondisi eksternal, perubahan arah dan pengembangan bisnis BCA serta dalam memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin kompleks.
BCA terus mengembangkan dan memperkuat budaya belajar melalui berbagai program, seperti ;
          1. Program Community of Practice (COP)
          yang dapat meningkatkan budaya belajar informal
          memfasilitasi sharing pengetahuan dan keahlian antar karyawan yang dapat bermanfaat bagi para karyawan di setiap unit kerja
          2. Program Coaching dengan atasan langsung
          3. Program Pelatihan Perencanaan Keuangan
                Sebagai bagian dari pengembangan inovasi dan continuous improvement (Kaizen) di perusahaan, pada tahun 2016 Bank kembali menyelenggarakan program BCA Innovation Award (BIA) yang merupakan ajang bagi para karyawan untuk menuangkan ide-ide kreatif dan mendorong inovasi baik dalam pengembangan layanan maupun solusi perbankan serta untuk menyempurnakan berbagai proses internal kemudian secara efektif menerapkan ide-ide tersebut bekerja sama dengan unit kerja IT.
                Konsep inovasi ini disampaikan terlebih dahulu pada diskusi kelompok COP untuk mendapat masukan dari rekan-rekan unit kerja kemudian diajukan kepada juri independen untuk memperoleh penilaian.
                Pada tahun 2016 BCA telah menyelenggarakan in-class training yang diikuti oleh 63.460 karyawan dalam 2.274 kelas selama 387.775 hari pelatihan. Selain itu, BCA juga mengembangkan program e-learning, suatu metode pembelajaran berbasis teknologi yang lebih fleksibel melalui penggunaan intranet. Modul-modul e-learning terus disempurnakan dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan bisnis dan tren sektor perbankan.
                Pada tahun 2016, program e-learning tersebut telah diikuti oleh 34.307 peserta dibandingkan 19.653 peserta pada tahun 2015. Para karyawan diberikan kesempatan untuk mengikuti program pelatihan eksternal yang sesuai dengan kebutuhan spesifikasi bidangnya. BCA juga bekerja sama dengan lembaga pelatihan eksternal dalam menyediakan kursus bahasa Inggris dan Mandarin.
                Sejalan dengan perkembangan teknologi, BCA berinovasi dalam menciptakan program pelatihan jarak jauh yang efektif dan efisien. Agar proses belajar lebih interaktif, Bank menyelenggarakan pelatihan dengan metode video-based training yang menggunakan fasilitas video dalam proses belajar di ruangan kelas serta fasilitas video conference untuk proses pembelajaran jarak jauh.
                BCA menyediakan Mobile Learning BCA (Morning BCA) sebagai sarana belajar berbasis cloud yang dapat diakses melalui smartphone yang terkoneksi jaringan internet. Metode gamification terus dikembangkan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan permainan edukatif yang dirancang menarik. BCA juga mulai mengembangkan program pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi virtual reality & teknologi augmented reality.
  
Work - Life Balance
                BCA menyadari pentingnya hidup yang seimbang dalam mendukung produktivitas. Oleh karena itu, BCA menekankan pentingnya work-life balance kepada seluruh karyawannya.
Untuk menciptakan keseimbangan tersebut, BCA menyelenggarakan berbagai program, seperti :
          program pelatihan perencanaan keuangan
          perawatan anak serta persiapan menjelang pensiun.
                Selain itu, BCA juga mendukung aktivitas rekreasi dan penyaluran hobi karyawan melalui aktivitas ekstrakurikuler, termasuk melalui kegiatan olahraga, paduan suara, fotografi, menari, memancing, dan pelestarian wayang. BCA menyediakan ruang laktasi di beberapa kantor untuk memudahkan karyawati BCA dalam memberikan ASI eksklusif secara rutin bagi putra-putrinya. BCA juga menyediakan program pelatihan terkait spiritual dan layanan konseling untuk membantu karyawan menemukan solusi atas masalah dalam kehidupan pribadi mereka.
                Program work-life balance memberikan kenyamanan bekerja bagi karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitas sekaligus tetap menjaga keseimbangan dengan aspek lainnya dalam kehidupan mereka. Upaya Bank dalam mengembangkan budaya engagement mendukung pencapaian keterlibatan karyawan yang tercermin dari hasil team engagement survey.

Pencapaian Bank BCA Setelah Melakukan Kaizen
                PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraih predikat sebagai perusahaan yang menjadi tempat bekerja terbaik di Indonesia. Predikat Best Stellar Workplace Award for Large Size Employer diserahkan dalam ajang Stellar Workplace Award yang diselenggarakan oleh Kontan bekerja sama dengan GML Performance Consulting
“Prestasi dan keberhasilan implementasi strategi bisnis BCA bertumpu pada sumber daya manusia yang andal dan terlatih," kata hendra, Rabu  (12/10/2016).

Kesimpulan
            Sumber daya manusia yang berkualitas dan terlatih merupakan aspek penting bagi BCA dalam mempertahankan keunggulan kompetitif dan dalam mendukung strategi bisnis. Bank senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui beragam program pengembangan yang efektif serta perekrutan staf berkualitas.



1 komentar:

  1. Titanium Tent stakes at poker rooms at home
    You'll have a titanium nose hoop lot of room titanium tube to work your way through! 4x8 sheet metal prices near me At Tioga Poker, titanium fidget spinner players can titanium mens wedding bands access their home poker room with a variety of game

    BalasHapus